07 August 2017

Sosialisasi dan Pelatihan Kepada Pemuda Dungkek Tentang Pengemasan Gula Cempek dan Pemanfaatan Batok Kelapa


Souvenir Batok

KKN 21 - Para mahasiswa KKN 21 mengadakan program sosialisasi dan pelatihan kepada para pemuda di Desa Dungkek. Program ini diadakan di balai desa dan dilaksanakan para Minggu 06/08/2017 pukul 08.00 WIB. 

Kegiatan ini sempat terkendala padamnya listrik, sehingga para mahasiswa KKN 21 harus menjelaskan secara langsung tanpa menggunakan presesntasi. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi yakni pelatihan souvenir batok dan sosialisasi mengenai pengemasan gula cempek.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan nilai jual dari batok dan gula siwalan. Gula Siwalan yang awalnya dicetak ala kadarnya dikemas sedemikian rupa hingga menarik. Begitu pula dengan batok kelapa, batok yang awalnya hanya dijadikan sebagai arang ternyata dapat disulap menjadi kerajinan yang indah.

Para mahasiswa juga menunjukkan beberapa contoh orang orang yang sukses di bidang kerajinan batok. Omset yang dihasilkan pun beragam, ada yang bernilai milyaran rupiah ada pula yang bernilai puluhan juta rupiah. Hal ini membuat para warga semakin antusias dan semangat untuk menjadi wirausahawan muda.
Logo Produk Gula Cempek

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write comments
  1. Maaf saya mengganggu admin. Saya mahasiswa universitas airlangga ingin mengadakan pemberdayaan masyarakat di desa dungkek. Tapi sebelumnya saya memerlukan tanda tangan persetujuan dari kepala desa. Bisa saya minta tolong bantuannya?

    ReplyDelete