17 July 2017

Gambaran Umum Desa Dungkek Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep

Balai Desa Dungkek

Dungkek merupakan salah satu desa di Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Desa Dungkek terdiri dari 5 dusun diantaranya Dungkek Daja Timur, Dungkek Daja Barat, Dungkek Laok, Panjurangan, dan So’ongan. Desa Dungkek dipimpin oleh kepala desa yang biasa dikenal dengan sebutan Pak Klebun. Saat ini, Desa Dungkek dipimpin oleh Bapak Jumahri. Setiap Dusun dipimpin oleh Kadus (Kepala Dusun atau Ketua RW). Dungkek memiliki 11 perangkat Desa yang terdiri dari seorang Klebun, seorang sekdes, seorang bendes, 5 Kadus, bagian pemerintahan, perencanaan, dan perlengkapan.
Desa Dungkek  berada pada 0-32.50 m DPL, kemiringan kurang dari 3%  dengan luas daratan 3.53 Km² atau 5.57% dari luas kecamatan Dungkek. Luas tanah kering 348.42 Ha dan persawahan 4.30 Ha. Curah hujan rata-rata cukup rendah yaitu 1.112,4 mm pertahun dengan curah hujan terendah terjadi pada bulan juni sampai dengan Oktober, kelembaban udara lebih kurang 65% dan suhu udara rata-rata 24-32 °C.
Iklim Desa Dungkek sama dengan iklim keseluruhan Kabupaten Sumenep, yakni iklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim hujan antara bulan Nopember – April dan musim kemarau antara bulan April - Desember. Hamparan tanah  desa Dungkek tergolong teratur tidak berbukit dan di kelilingi perkebunan kelapa sehingga aman dari bencana, khususnya  tanah longsor dan banjir.
Secara Administrasi Desa Dungkek terletak di ibu kota Kecamatan Dungkek, kurang lebih 35 Km dari Kabupaten Sumenep, dengan dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga diantaranya di Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Lapa Taman, Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Lapa Laok. Disebelah Selatan berbatasan dengan Selat Madura sedangkan disebelah Barat berbatasan dengan Desa Bicabi.
Peta Desa Dungkek

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments